Senin, 22 April 2013

KELUARGA RASULULLAH SAW part II


ISTERI-ISTERI RASULULLAH SAW

SITI KHADIJAH BINTI KHUWAILID
Ia hidup bersama rasulullah sebelum turun wahyu selama lima belas tahun, dan sesudahnya sebelum tahun ke 3 Hijriyyah. ia meninggal di sisi rasulullah SAW.

SAUDAH BINTI ZAM’AH

Ia hidup bersama rasulullah selama 3 tahun sesudah Siti Khodijah wafat dan sebelum Rasulullah menikah lagi dengan lainyya. ia meninggal pada tahun lima puluh lima Hijriyyah.

SITI AISYAH BINTI ABU BAKAR
Ia dinikahi oleh Rasulullah di Makkah dua tahun sebelum Hijrah, dan ada yang mengatakan tiga tahun, usianya enam atau tujuh tahun. dan rasulullah hidup berumah tangga bersamanya di madinah, ketika ia telah berusia sembilan tahun. sedangkan ketika Rasulullah wafat ia berusia delapanbelas tahun. ia meninggal pada tahun liam puluh delapan hijriyyah.

HAFHSAH BINTI UMAR AL KHOTTOB
Ia wafat pada tahun empat puluh lima Hijriyyah.

UMMU HABIBAH BINTI ABU SHUFYAN
Rasulullah menikahi beliau ketika berada di Habasyah. yang membayar mas kawin ialah seorang majasi. sedangkan yang mewakilinya ialah Utsman bin Affan. ia wafat pada tahun 44 Hijriyyah.

UMMU SALMAH HINDUN BINTI UMAYYAH
Diantara isteri Rosulullah ia yang paling akhir meninggal pada tahun 62 Hijriyah.

ZAINAB BINTI JAHSYI
Wafat di madinah tahun 20 Hijriyyah, ia adalah yang pertama wafat.

JUWAIRIYYAH BIN AL HARITS
Ia tertawan pada peperangan bani Almustholiq, lalu dibebaskan oleh rasulullah dan dinikahi. wafat tahun 56 Hijriyyah.
Kuburan mereka terkenal di Baqi’. selain Khodijah keburannya berada di Hajun, Makkah. dan Maimunah Kuburannya ada di Sharoof, sebelum lembah fatimah di Makkah.

PUTERA-PUTERI RASULULLAH SAW
Putra-putri Rasulullah SAW ialah : AL QOOSIM, dengannya rasulullah ber-kunyah (panggilan Abul Qosim). dia dilahirkan sebelum kelahiran dan wafat sebelum kenabian dalam usiia dua tahun. kemudian  Abdullah dinamakan Athtoyyib, kemudian Zainaab, Ruqayyah, Ummu Kaltsum dan Fatimah Rodhiyallahhu Anhum.
semua anak-anak Rasulullah SAW yang perempuan mendapatkan masa islam dan ikut Hijrah. mereka semua dari satu ibu, yaitu Khotijah Rodiyallahu Anha.
Di madinah Rasulullah mendapatkan putera dari Mariyah Al Qibthiyyah, diberi nama Ibrahim. usianya hanya tujuh hari, dan ada yang mengatakan delapan bulan.
Mereka semua meninggal dunia semasa hidupnya Rasulullah SAW kecuali Fathimah, ia meninggal setelah Rasulullah meninggal tujuh bulan.
Zainab puteri rasulullah yang terbesar, bersuamikan Abul’aash bin Rabii’, yang telah masuk islam.
dari suaminya ini, Zainab melahirkan Putra bernama Ali, meninggal diwaktu kecil. Kemudian Umamah, yang dikatakan pernah di dukung rasulullah SAW dalam shalat beliau, Umamah akhirnya menikah dengan Sayyidina Ali setelah Fathimah wafat, sesuai dengan wasiat dengan Fathimah. kemudian ia dinikahi oleh Al Mughiirah dan Naufeel bin Al Harits bin Abdul Mutholib.
Sedangkan Fathimah bersuamikan Sayyidina Ali Ra. ia melahirkan anak laki-laki": Hasan, Husain, dan Muhsin Radhiyallahu’anhum. Muhsin meninggal waktu kecil. beliau juga melahirkan anak perempuan , yaitu Ruqayyah dan Zainab, Ummu Kultsum. Ruqayyah meninggal sebelum baligh. sedangkan Zainab dinikahi oleh Abdullah bin Ja’far, kemudian saudaranya Abdullah.
Adapun Ruqayyah bersuamikan Utsman bin Afwan Ra, lahir Abdullah, Ruqayyah meninggal tatkala datang Zaid bin Haritsah membawa berita gembira tentang kemenangan umat islam pada perang badar. maka Utsamn menikahi saudarinya yang bernama Ummu Kaltsum, wafat disisinya pada bulan Sya’ban tahun ke sembilan Hijriyyah.

SAUDARA SESUSUAN RASULULLAH SAW
Hamzah dan Abu Salmah Abdullah bin Abdulasad bersama dengan rasulullah disusui oleh Tsuwaibah, sahaya Abulahab.
Hamzah dan Abu Salmah termasuk orang yang pertama-tama masuk islam (Assabiqunal Awwaluun).
Abdullah, Asiah, dan Assyaimaa’, putera puteri Halimah dari suaminya Al Harits bin Abduluzza As-Sa’dy. mereka bertiga disebutkan dalam AL ISHOOBAH tergolong sahabat nabi. namuun ada perbedaan pendapat diantara ulama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar